Minggu, 27 Januari 2008

Hasil Kue yang Sempurna

Agar hasil kue 'Tradisional'menjadi sempurna dan bagus,ada 3 poin yang harus diperhatikan!!

Menguleni :

Yaitu mengaduk bahan dengan remasan dan tekanan tangan.Maksudnya untuk memasukkan udara sebanyak-banyaknya pada adonan sehingga terjadi tekstur atau serat-serat halus pada resep tertentu,misalnya pembuatan pada kue Carabikang.
Untuk kue yang harus memperoleh proses fermentasi akan lebih baik hasilnya.Karena sebelumnya sudah memperoleh suhu hangat dari tangan.

Dalam proses menguleni,adonan diaduk dengan tangan sambil ditekan dengan telapak tangan,berulang kali.Setelah 3-5 menit,bila adonan tidak lengket ditangan dan dapat dibentuk disebut kalis.
Tetapi untuk resep-resep tertentu dibutuhkan proses menguleni yang cukup lama -+ 10 menit.

Merebus :

Gunakan selalu air yang cukup banyak dan tunggu hingga benar-benar mendidih sebelum memasukkan bahan atau adonan kue.Dengan demikian bagian luar kue menjadi cepat matang,tidak mudah hancur,dan menempel pada dasar panci.Setelah masak,biasanya kue akan mengapung (misalnya kue Klepon),tetapi biarkan 1-2 menit lagi agar seluruhnya matang.

Menggoreng :

Kue-kue Indonesia yang harus digoreng membutuhkan minyak banyak dan panas yang sedang.Pada 'Onde-Onde' misalnya,bila minyak terlampau panas,udara didalam kue cepat mengembang sehingga kue mudah meletus dan pecah.


Tip's ini kucopy dari buku 'Kue-kue Indonesia Populer'.

0 Obrolan: