Jumat, 02 Mei 2008

Info Sehat

Ini adalah jenis makan yang harus kita konsumsi,apabila kita mempunyai problem "susah tidur",ngak itu aja bisa juga sebagai pelengkap menu sehari-hari,dan sebagai info sehat untuk tubuh kita......informasi ini disalin dari rubrik "klub diet femina".
ROTI
Roti banyak mengandungthiamin atau vitamin B1 yang membantu merelaksasi saraf.Tingakat thiamin yang rendah sering kali ditemukan pada mereka yang menderita insomnia.Bila kita tak suka roti,bisa memilih biskuit atau bagel yang tinggi kandungan karbohidrat kompleksnya.Zat karbohidrat tersebut bermanfaat dalam memicu pengeluaran serotonin.

IKAN SALMON


Ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 dan omega 6,seperti ikan salmon dan ikan tuna,akan membantu menghilangkan nyeri sendi dan merelaksasi otot.Selain itu ikan salmon juga mengandung niacin yang membantu proses pembentukan serotonin.
ES KRIM
Kandungan asam amino trytophan yang terdapat didalam susu bisa membantu pengeluaran serotonin merupakan suatu neurotransmitter otak yang merangsang rasa kantuk.Selain susu,makanan yang mengandung susu,seperti es krim,juga bisa kita coba.Santaplah es krim 1-2 scoop.Jangan pilih yang rasa kopi atau coklat.
SELADA
Daun selada mengandung sejenis zat penenang ringan mirip morfin yang mengandung rasa kantuk.Itulah sebabnya,mengapa selada dapat menjadi obat insomnia yang manjur.Selada ini bisa dicampur dengan sedikit perasan lemon sebagai penyegar,jus selada merupakan resep ampuh menjelang tidur.Selada bisa juga disantap segar dalam sandwich,salad,atau sup.Jika dicampur dengan kaldu ayam,virtamin B dan enzim dari kaldu tersebut bisa membantu menenangkan saraf.
WIJEN
Biji wijen mengandung vitamin B3 atau niacin.Vitamin ini berperan dalam proses sintesis hormon serotonin yang membantu kita mudah terlelap.Selain itu,wijen juga mengandung vitamin E yang membuat tubuh menjadi lebih tenang karena membantu memperlancar sirkulasi darah.Wijen bisa kita kosumsi dalam bentuk butiran,dicampur dalam makanan,atau dimanfaatkan dalam bentuk minyak(untuk menumis,misalnya).
PALA
Baik buah maupun bijinya sama-sama bisa memancing rasa kantuk.Keduanya mengandung zat myristicin dan elemicin yang memiliki efek soporifik alias membuat kita mengantuk.
Didunia belahan timur,khususnya Asia,buah pala sering digunakan sebagai obat untuk menenangkan pasien.Ada sifat halusinogenik ringan yang bisa membuat kita terbuai mimpi indah.Kita bisa mengonsumsi manisan pala atau membuat masakan dan kue dengan membubuhkan banyak rempah pala.
KANGKUNG
Kangkung mengandung banyak magnesium dan kalsium yang dapat mencegah insomnia.
Magnesium yang dapat merelaksasi otot bergabung dengan kalsium yang memiliki dampak menenangkan pikiran.Jadi kombinasi dua mineral tersebut bisa membantu membuat kita merasa relaks,sehingga lebih mudah tertidur.
AVOKAD

Berdasarkan penelitian,rendahnya asupan mineral magnesium dalam tubuh dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk mengatasi stres.Insomania bisa juga menjadi tanda kurangnya mineral magnesium yang berfungsi untuk merelaksi otot.Avokad merupakan salah satu buah yang banyak mengandung magsium.
Menyantapnya?Bisa dicampur dalam salad atau dibuat jus.Sama nikmatnya dan sama-sama membuat kita untuk lebih mudah memejamkan mata.
SEBAIKNYA DIHINDARI:
1. Makanan yang kaya gula(gula pasir dan gula merah).Jenis makanan ini meningkatkan kadar gula darah sehingga energipun meningkat.Akibatnya,jadi susah tidur.
2. Daging atau makanan berprotein tinggi juga dapat mengganggu tidur,protein menghambat proses pembentukan serotonin sehingga terjaga lebih lama.
3. Rokok atau tembakau.Kelihatannya,merokok bisa membuat kita lebih rileks,namun sebenarnya nikotin merupakan neurostimulant yang menyebabkan kita susah tidur.
4. Minum berkafein,seperti kopi,teh,coklat dan soda,karena juga bersifat stimulan.Semakin pekat efeknya semakin kuat.
5. SMG(monosodium glutamate) atau vetsin yang sering ditemukan dalam hidangan Cina.Zat ini menimbulkan reaksi stimulan bagi beberapa orang sehingga bisa menjauhkan dari keinginan untuk tidur.
6. Terong,kentang,tomat,dan bayam juga sebaiknya dihindari karena mengandung tramine,suatu zat yang merupakan stimula otak.Akibatnya,kita malah jadi bersemangat sehingga'tegangan'mata kita tetap tinggi.

0 Obrolan: